MENU

News Feeds

Jenis dan Tips Merawat Material untuk Furniture Outdoor

  • January 06, 2018
  • Administrator
Jenis dan Tips Merawat Material untuk Furniture Outdoor

Jenis Kayu untuk Furniture Outdoor dan Tips Merawatnya

Setiap jenis kayu memiliki karakteristik yang khas sehingga tidak semua kayu bisa dimanfaatkan untuk hal yang sama. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memilih furniture outdoor adalah jenis kayu sebagai bahan baku furniture tersebut. 

Karena memerlukan furniture outdoor, sebaiknya  memilih kayu yang paling awet dibanding jenis kayu lainnya seperti kayu jati. Keawetan kayu akan membuat furniture  bertahan lebih lama meskipun terpapar sinar matahari, jamur, dan berbagai paparan merugikan lainnya. Pilihlah jenis kayu untuk furniture outdoor yang kuat seperti kayu jati. Keindahan kayu sendiri, bisa ditingkatkan dengan cara lain, yakni pengecatan atau pemlituran kayu.

Memilih jenis kayu untuk furniture outdoor atau luar ruangan memang tidak bisa sembarangan dilakukan. Bila sembarangan memilih atau malah nekat menggunakan furniture indoor untuk outdoor, maka bersiap-siaplah dengan kerusakan furniture yang jauh lebih cepat dibanding yang diharapkan.

Berikut ini tips lain yang bisa manfaatkan saat hendak membeli furniture outdoor berkaitan dengan jenis kayu untuk furniture outdoor yang tepat:

  1. Tanya pada penjual mengenai jenis kayu untuk furniture outdoor yang digunakan. Hanya memastikan apa ada informasi yang tidak sesuai dengan yang selama ini diketahui
  2. Tanyakan usia maksimal pada furniture.
  3. Pilih furniture yang di-finishing dengan bahan finishing untuk outdoor. Dan jangan lupa minta penjelasan pada penjual mengenai usia maksimal cat atau plitur yang diaplikasikan. Selain berfungsi mempercantik furniture, cat dan plitur juga memiliki fungsi memproteksi kayu. Semakin lama lapisan cat atau plitur bisa bertahan, maka semakin awet pula furniture yang terlapis oleh cat ini.

Perawatan Rutin untuk Berbagai Jenis Kayu untuk Furniture Outdoor dengan Semir Kayu

Selain memilih jenis kayu untuk furniture outdoor yang tepat serta menerapkan tips di atas, pastikan pula anda merawat furniture tesebut. Bersihkan secara berkala dan rawatlah menggunakan produk perawatan khusus.

Gunakan produk perawatan kayu yang mampu meningkatkan estetika furniture dan mempertahankan lapisan cat atau plitur yang telah diaplikasikan.

Cara Melindungi Dan Merawat

Cara melindungi dan merawat kayu itu tergantung kondisinya: apakah kayu yang masih mentah (belum dilapisi) atau kayu yang sudah dilapis (finishing). Untuk merawat kedua kondisi kayu itu tentu beda perlakuan. Namun, cara merawatnya tak sulit. Anda bisa memakai bahan pembersih dari pabrik atau bahan tradisional.

Jenis Kayu untuk Furniture Outdoor dan Tips Merawatnya


Kayu mentah atau kayu hasil finishing jadi tahan lama. Material kayu mudah menyerap air, minyak, bahkan debu. Maka furnitur atau aksesori rumah, seperti patung, pigura, dan mangkuk hias, sebaiknya senantiasa mendapat perawatan rutin.

Kayu Mentah

Kayu mentah ini adalah kayu yang belum pernah dilapisi dengan lapisan antiair dan antiminyak, misalnya melamin atau pelitur.

Langkah-langkah pengerjaan:

  1. Ampelas permukaan kayu hingga sudut-sudutnya. Gerakan mengampelas searah dengan serat kayu. Setelah selesai, bersihkan permukaan kayu dengan kuas.
  2. Sapukan cairan linseed oil dengan kuas. Tunggu beberapa menit agar cairan meresap ke dalam kayu.
  3. Gunakan lap bersih untuk meratakan sisa cairan pada permukaan kayu. Biarkan hingga kering 1-2 jam.
  4. Ulangi langkah 2 dan 3 agar permukaan kayu tertutup sempurna. Nah, kerajinan dan furnitur kayu Anda jadi terlindungi dari minyak, air, dan kotoran lain.

Kayu dengan Finishing

Langkah merawat kayu yang sudah dilapisi oleh pelapis melamin atau pelitur.

  1. Bersihkan kayu menggunakan lap kering dan bersih.
  2. Oleskan furniture wax pada kain lap bersih. Gosok pada permukaan kayu searah serat kayu, jangan terlalu menekan, tipis-tipis saja. Jika aksesori kayu Anda banyak ukiran, encerkan wax dengan sedikit bensin atau terpentin. Gunakan kuas lukis untuk mengoleskannya pada bagian detailnya.
  3. Biarkan 15 menit, dan ulangi lagi langkah 2 agar mencapai hasil maksimal.

Langkah Mengilapkan Kayu

Kayu yang akan dirawat adalah kayu mentah dan kayu yang sudah finishing. Hasilnya, kayu lebih mengkilap dan berlapis minyak. Lapisan minyak dapat menangkis air, tapi sifatnya temporer. Anda dapat melakukan perawatan ini 1-2 minggu sekali.

Caranya:

  1. Gosokkan ampas kelapa pada permukaan kayu. Gosok searah serat kayu dan agak ditekan hingga ampas membentuk butiran-butiran seperti pasir.
  2. Biarkan sekitar 10 menit lantas bersihkan sisa ampas menggunakan lap kering bersih.